Kamis, 08 Maret 2018

Keistimewaan hari jum'at

Assalamualaium.wr.wb
Maaf sudah jarang sekali posting, apa kambar semua?
Saya harap semua baik-baik saja, saya merasakan kekekcewaan saudar sekalian dengan tidak konsistennya saya dalam rentang waktu yang terlampau lama, tapi dibalik itu semua saya memaklumi, tapi terlepas dari itu saya harap saudar semua tidak bosan dengan postingan saya.
Topik yang akan saya angkat pada postingan kali ini adalah tentang keistimewaan hari jum'at. Tentu bagi kaum muslim (Termasuk saya) sangat akrab dengan hari jum'at, karena dihari jum'at umat muslim diwajibkan untuk menunaikan ibadah sholat jum'at, di hari jum'at juga adalah penghujung atau inti dari semua hari.
Keistimawaan yang akan kita bahas yaitu menurut hadist dibawah cekidot
 
Menurut HR.Muslim
"Hari yang baik saat terbitnya matahari adalah hari jum'at,Hari tersebut adalah hari diciptakannya adam, hari ketika adam dimasukkan kedalam surga dan hari ketika adam dikeluarkan dai surga. Hari kiamat tidaklah terjadi kecuali pada hari jum'at"

1. Masuknya Nabi adam ke surga pada hari jum'at.

“Allah Swt menciptakan bumi pada hari sabtu, kemudian menciptakan gunung-gunung pada hari ahad. Dan Dia menciptakan pohon-pohon pada hari senin, lalu menciptakan perkara yang tidak Ia senangi pada hari selasa, menciptakan cahaya pada hari rabu, menciptakan segala hewan di bumi pada hari kamis. Kemudian Dia menciptakan Adam as. Setelah waktu ashar pada hari jum’at. Dia (Adam) yang terakhir diciptakan pada saat-saat akhir hari jum’at antara waktu ashar dan malam hari.”(HR. Imam Ahmad)

2. Keluarnya nabi adam dari surga.

3. Hari kiamat pada hari jumat.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

خَيْرُ يَوْمٍ طَلَعَتْ عَلَيْهِ الشَّمْسُ يَوْمُ الْجُمُعَةِ، فِيْهِ خُلِقَ آدَمُ وَفِيْهِ أُدْخِلَ الْجَنَّةَ، وَفِيْهِ أُخْرِجَ مِنْهَا، وَلاَ تَقُوْمُ السَّاعَةُ إِلاَّ فِيْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ

Sebaik-baik hari dimana matahari terbit adalah hari Jum’at. Pada hari Jum’at Adam diciptakan, pada hari itu dia dimasukkan ke dalam surga dan pada hari Jum’at itu juga dia dikeluarkan dari Surga. Hari Kiamat tidaklah terjadi kecuali pada hari Jum’at.” (HR.  Muslim no. 854).

Wah, luar biasa sekali kejadian pada hari jum'at, semoga dapat menabah wawasan dan ketakwaan kita.
akhir kata saya ucapkan terimakash 

wassalamualaikum.wr.wb



Tidak ada komentar:

Posting Komentar